Kamis, 07 Maret 2013

Cara Alami Atasi Anemia

Bagi Anda yang sering mengalami kelelahan, lemah, sakit kepala, atau sulit konsentrasi ada kemungkinan anda mengalami kekurangan darah (anemia). Pada tingkatan yang kronis, anemia dapat mengakibatkan bentuk kuku seperti sendok dan rapuh, pecah-pecah pada sudut mulut, lidah lunak dan sulit menelan. 


Kabar gembira bagi Anda yang menjalankan diet Vegetarian, karena banyak sayuran dan sumber nabati lainnya ternyata mengandung banyak zat besi yang bisa meningkatkan sel darah merah. Untuk lebih mengetahui sayuran apa dan sumber nabati apa yang bisa membantu mengatasi anemia, mari kita bahas satu per satu.

1. Sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan penambah darah. Akan tetapi, tidak semua sayuran dapat mengurangi anemia. Sayuran penambah darah antara lain bayam, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Dari sekian banyak sayuran, ubi adalah obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Ubi mengandung zat besi, mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen ke dalam darah.


2. Buah-buahan


Buah-buahan seperti kismis, plum, apel, anggur dan melon, tidak hanya memperlancar aliran darah, tapi juga menambah jumlah sel darah merah. Buah jeruk dan lemon juga bisa menambah zat besi ke tubuh.

3. Kacang Almond


Almond termasuk salah satu jenis kacang yang dapat mengatasi kekurangan darah, terutama kacang almond. Sebanya 1 ons kacang almond jika dikonsumsi tiap hari memberikan 6 persen zat besi ke dalam tubuh. Di samping itu, harga kacang almond relatif lebih murah daripada kacang lainnya.


4. Oatmeal dan Sereal


Makanan ini jika dikonsumsi tiap hari akan memberikan asupan 20 persen zat besi. Gandum mempunyai banyak kandungan zat besi yang mengurangi risiko Anda terkena anemia berat.

Semoga bermanfaat! Salam sehat selalu. (VS) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar