Kamis, 14 Maret 2013

MAKANAN DARURAT VEGAN

Anda tentu bertanya-tanya dengan judul artikel ini. Bagi Anda yang menjalankan diet vegetarian, terlebih lagi seorang vegan pastinya pernah mengalami kesulitan mencari tempat makan vegetarian saat anda travelling atau pergi ke luar kota


Pengalaman beberapa teman vegan, bukan karena “kurangnya jenis makanan” yang tersedia di daerah tersebut. Namun karena saking paniknya (atau sudah kelaparan akut :-) ) jadi hal yang simple malah tidak terpikirkan atau lewat begitu saja.

Nah melalui pengalaman-pengalaman “kesulitan cari makan” bagi vegan itu, yuk kita bahas apa yang bisa kita cari untuk sekadar menganjal perut dan tetap segar.

  1. Buah Segar – Kalau yang satu ini Anda cari tau dimana toko buah terdekat. Jika masih kesulitan cari pasar swalayan. Buah segar selalu tersedia dikedua tempat itu. Buah yang layak digunakan untuk mengisi perut yang kosong adalah: pisang, apel, dan pear. Buah tersebut selain mudah didapat juga bergizi serta praktis karena bisa disantap tanpa wajib dikupas dengan pisau
  2. Jus Buah Asli - Untuk yang satu cari gerai jus buah yang sekarang ini sudah banyak terdapat didaerah-daerah. Untuk anda yang Vegan pastikan minta ke penjual untuk tidak pakai susu, karena biasanya penjual langsung menambah susu kental manis kedalam jus pesanan. Jus alpukat atau jambu bisa dipih. Masih kesulitan? Carilah penjual kelapa muda. Satu buah kelapa muda yang telah dikeruk daging buahnya sangat mengenyangkan dan airnya juga segar.
  3. Minuman Susu Kedelai atau Kacang Hijau Siap Minum – Mudah didapatkan di toko-toko kecil atau di minimarket 24 jam. Yang perlu diperhatikan adalah komposisi bahannya. Untuk susu kedelai yang siap minum, ada produsen tertentu yang menambahkan skim, protein dan perisa susu dalam produknya. Bisa juga jus buah asli siap minum dalam kemasan.
  4. Oatmeal – Ini bisa anda jadikan persediaan makanan jika di daerah yang Anda kunjungi tidak ada tempat makan vegetarian. Mudah di dapat di swalayan yang agak besar atau minimarket 24 jam. Agak repot memang, karena perlu memasaknya dahulu. Kalau darurat (dah kelaparan kronis :-)), anda bisa beli oatmeal yang instan, lalu combine dengan susu kedelai siap minum dengan menggunakan gelas shaker atau bisa juga dituang ke tempat makan dan dibiarkan 5menit supaya oat menjadi sedikit lembek dan lembut.
  5. Mie Instan Vegan – saat ini sudah ada berbagai merk mie jenis ini. Tanpa bermaksud promosi, bebeapa mie vegan yang beredar di pasaran adalah Indomie Vegan, Maitri, dan Tip Top. Diantara semuanya, Indomie Vegan paling mudah didapat. Anda bisa membelinya di mini market 24 jam yang sekarang sudah banyak terdapat di kota-kota kecil sekalipun. Untuk yang satu ini memang perlu dimasak dahulu. Tapi kalau saking kepepetnya bisa alih fungsi jadi mie remes. Perlu dibatasi bumbu penyedapnya, tidak usah dituang semua cukup separuh saja. Langkah darurat ini tidak disarankan ya, karena ada zat lilin dan juga bumbu penyedapnya kurang baik untuk kesehatan.
Tidak perlu bingung lagi ‘kan? Jika anda travelling setidaknya sudah punya rencana cadangan. Sehingga meski rumah makan vegetarian tidak ada di daerah yang anda kunjungi, Anda tidak menjadi lemas karena lapar. Namanya juga darurat, sebaiknya pola makan terbatas di atas tidak anda terapkan lama-lama. Dua sampai tiga hari sudah cukup. Semoga Bermanfaat. (VS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar