Kamis, 14 Maret 2013

TRAVELLING NOTICE FOR VEGAN

Anda suka bepergian? Menjadi seorang Vegan yang menghindari konsumsi produk hewani memang tidak mudah. Tetapi hal tersebut bukan berarti membatasi diri untuk bebas travelling, wisata, piknik, plesir, atau apapun istilah anda untuk bepergian bersama teman atau orang yang anda sayangi. Hanya perlu sedikit persiapan saja.


Merepotkan? Menjadi seorang vegan bukan berarti kita menjadi tidak praktis. Justru hal ini membuat kita menjadi terbiasa dalam mempersiapkan segala hal, termasuk saat akan bepergian ke luar kota atau ke luar negeri sekalipun. 

Pada kesempatan ini mari kita bahas apa saja yang perlu anda siapkan sebagai seorang vegan saat hendak bepergian ke luar kota ataupun ke luar negeri.


  1. Bekal makanan vegetarian. Ada dua jenis bekal yang perlu anda siapkan. Bekal makanan yang tahan lama dan juga yang tidak tahan lama (baca: langsung dimakan). Untuk bekal makanan yang langsung disantap bisa disimpan dalam kotak makan. Sangat disarankan untuk memilih lauk yang tidak berkuah. Ini untuk menjaga supaya makanan tidak cepat basi. Bekal makanan yang tahan lama yang dimaksud adalah: nori (rumput laut – sebagai catatan perhatikan komposisinya, karena ada produsen yang menambahkan putih telur), abon vegan, kering kentang, kering tempe, serundeng, biskuit vegan, mie instan vegan dan makanan vegan lain yang awet.
  2. Catatan daftar alamat rumah makan vegetarian. Ini yang perlu Anda bawa saat bepergian. Daftar alamat rumah makan vegetarian dapat anda temukan DISINI. Sangat disarankan anda menelpon dahulu rumah makan yang ada di daftar tersebut sebelum menuju ke sana. Kadangkala alamat yang tertera belum diupdate karena tempat makan itu pindah lokasi atau sudah tutup. Jadi tidak buang waktu dan biaya. Bagaimana kalau tidak ada rumah makan vegetarian di daerah itu? Tenang, Anda bisa baca artikel sebelumnya tentang MAKANAN EMERGENCY VEGAN.
  3. Pesan makanan khusus di agen perjalanan yang anda gunakan. Beberapa agen perjalanan sudah menyediakan layanan ini. Anda perlu konfirmasi dahulu tentang bisa/tidaknya mereka menyediakan masakan vegan. Jika bisa, Sebaiknya Anda jelaskan apa saja yang menjadi pantangan makan. Sehingga pesanan sesuai dengan yang Anda mau. Jika tidak ada? Itulah perlunya menyiapkan langkah 1 tadi.
  4. Kontak teman anda yang tinggal di daerah yang akan anda kunjungi. Teman bisa menjadi penolong Anda. Mereka bisa menunjukkan alamat rumah makan vegetarian yang Anda cari atau juga malahan menunjukkan tempat makan vegetarian baru yang belum tercantum dalam daftar. Atau juga lokasi toko buah atau swalayan yang bisa anda kunjungi untuk membeli bekal-bekal makanan.
Mempersiapkan segala sesuatunya akan membuat semuanya lebih lancar. Bukankan begitu? Semoga bermanfaat. (VS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar